Jumat, 29 Juni 2012

Cara Memasang Kolom Komentar Facebook di Blogspot

Setelah sebelumnya saya mencoba widget facebook, ternyata baru saya tahu ada kesalahan ketika menerapkannya di blog ini, itupun baru saya tahu setelah ada dua komentar yang masuk, jika saya perhatikan, komentar yang ditujukan untuk satu postingan tertentu kok malah ikut juga muncul di postingan yang lain, kan aneh. Maka dari itu, berhubung karena kesalahan ini saya segera memperbaikinya, jadi jika sebelumnya ada yang merasa pernah memberikan komentar di blog ini melalui comment facebook  tapi tidak melihatnya lagi, saya mohon maaf karena ada kesalahan teknis karena seharusnya widgetnya saya coba dulu baru saya pasang.

Nah karena sekarang sudah berhasil, saya ingin share bagaimana caranya, jika ada yang mau mencoba, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Pertama pastikan anda membuat app facebook terlebih dahulu, jika kurang jelas bisa dilihat disini.

Untuk app facebook ini sobat bisa saja tidak membuatnya namun konsekuensinya fasilitas moderator nanti tidak muncul sehingga komentar yang masuk tidak bisa diedit, jadi itu terserah sobat.

Jika app sudah dibuat, sekarang sobat edit widget template blognya. Caranya masuk dulu di dashboard kemudian pilih TemplateEdit HTML. Setelah muncul widget templatenya, jangan lupa ceklist Expand Widget Templates supaya kode bisa terlihat semua.

Cari kode <data:post.body/> lalu copy kode dibawah ini dan letakkan tepat dibawahnya

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<script src='http://connect.facebook.net/en_US/all.js#appId=1374163297xxxxx&amp;xfbml=1'/>
<fb:comments expr:href='data:post.url' expr:title='data:post.title' expr:xid='data:post.id' num_posts='6' width='600'/>

</b:if>


Cari kode <b:skin><![CDATA[/* lalu copy kode meta dibawah ini tepat diatasnya

<meta property='fb:admins' content='bilah.asa' /> <meta content='1374163297xxxxx' property='fb:app_id'/>


Untuk warna merah silahkan ganti dengan id facebook sobat, sedangkan warna biru ganti dengan app facebook yang sobat buat tadi.

Kalau bingung bagaimana mendapatkan id facebook, coba masuk di profile facebook sobat lalu ambil id addressbarnya.



Jika id tidak terlihat bisa juga nama pengguna anda.




Untuk fasilitas moderator secara otomatis terlihat jika sobat sudah login di facebook
Kurang lebih seperti ini.




Oh ya,  sebelumnya saya menggunakan fasilitas facebook disini, namun karena hasilnya tidak memuaskan makanya saya beralih seperti cara diatas.

Sedikit masukan, jika sebelumnya sobat pernah memasang widget facebook dan kemudian tidak bekerja atau mengalami error, sebaiknya kode tersebut dihapus dulu supaya tidak muncul masalah, oke semoga bermanfaat.

SHARE
Apa kamu suka artikel ini..?

Dapatkan Email Harian!

Follow us!

Artikel Terkait Lainnya :



0 komentar:

Posting Komentar

DON'T FORGET TO LEAVE A COMMENT OK...!!! >_^