Jumat, 23 Maret 2012

Cara Mengucapkan Huruf R (Cadel bagian 2)

Lanjut dari posting sebelumnya di bagian 1 Kalau kamu termasuk salah satu orang yang juga susah bilang R (cadel), jangan minder dan jangan berkecil hati, semoga cara dibawah ini bisa membantu. 
Oke dari pada banyak cerita, saya mulai saja,
  1. Langkah awal, coba sebutkan BREMM menggunakan bibir (kurang lebih begitu ketika lidah bergetar saat mengucapkan huruf RRR) akan terasa jika sudah mahir. 
  2. Jika sudah berhasil langkah 1, coba MULAI mengucapakan “DE” (dekat, bandeng,berdengung) bukan seperti mengucapkan “DE” (gledek, dewa, bergandengan,) kalau dilihat di kaca, gigi tidak saling bersentuhan(tapi hampir rapat) ini dilakukan agar tetap ada udara bisa keluar, lidah menyentuh ujung gigi atas agak melengkung ke atas (sedikittt), yang jelas seperti yang saya bilang posisi seolah-olah ingin MULAI mengucapkan “DE” tapi agak menjurus ke pengucapan “TE” karena lidah maju ke depan. Dan, ingat-ingat hanya MULAI bukan sampai mengucapkannya.
  3. Sekarang jika sudah pada posisi itu, coba ucapkan deeetreeee ditiupkan seolah-olah ingin meludah dengan kata "DE" (mirip-mirip treeehh atau drezztt) , pastikan udara berusaha keluar dari mulut, tapi tertahan sama ujung lidah, jadi posisi tetap lidah, juga sambil letakkan telapak tangan di depan mulut (5 jari), biasanya ada percikan air liur keluar sedikit-dikit serta tangan terasa tertiup.
  4. Tiupnya agak dikeraskan dimana seolah meniup ujung lidah, konsepnya sama seperti mengucapkan breem dengan bibir, bergetar karena ditiup.
  5. Langkah ini akan berhasil jika terasa ujung lidah ada getaran walaupun tidak banyak,
  6. Jika masih belum ada getaran, coba angkat sedikit ujung lidah, lalu ulangi lagi.
  7. Lakukan terus, cara ini. Jika mulai ada sedikit perubahan tingkatkan mulai mengucapkan DREEEEEN…
  8. Kalau bisa mengucapkan DREEEEN sebenarnya tidak butuh waktu lama, karena kalau langsung tahu tekniknya hari itu juga pasti bisa, (pengalaman 3 orang) cuma kalau nyebut R inilah yang butuh beberapa hari.
  9. Ingat lagi, ketika mulai bisa semua langkah diatas, Jangan mengawali selain huruf DD.
  10. Apabila sudah mulai berhasil, kamu akan mampu menggetarkan lidahmu dengan baik tapi tidak bisa mengucapkan huruf RRR, dengan cara inilah nantinya kamu bisa mengucapkan huruf R dengan benar.
Yang perlu kamu ingat
  1. Disini tidak perlu mengucapkan seolah-olah suara keluar dari tengorokan tapi hanya tiupan dan desisan..seolah-olah meludah.
  2. Jika ujung lidah sudah bergetar, kamu tidak akan mampu mengucapkan huruf R dengan benar ( kecuali didepan huruf R ada huruf D jadi DRRR) salah satu yang selalu saya ucapkan adalah kata MANDREEEEEEE (seperti kata Enak, bukan Elang kebalikan dari di atas) itupun R nya terasa mencolok dan bisa diucapkan di hari ke 2. Ingat jangan mencoba kata selain kata itu. Seperti.
ular       = depan huruf  R adalah A jadi tidak bisa,
erna     = langsung menyebut ER di awal kata
rumah  = tidak bisa juga karena langsung menyebut huruf R diawal kata 
(ini sangat mustahilll)


Sumpah, waktu dapat cara ini, hampir tiap hari senyum-senyum sendiri seperti mendapat mainan baru karena senangnya, kebetulan juga sudah ada 3 orang yang pernah saya ajarkan cara ini dan berhasil, kalau mereka yang belum pernah merasakan susahnya nyebut R pasti tidak akan pernah tahu, tidak segampang itu mengucapkan kata /kalimat yang ada huruf R nya. Ketika dapat cara inipun saya mencoba beberapa kata yang menggunakan huruf dasar A sampai Z dan alhasil nihil, cuma huruf D saja yang bisa mewakili seperti yang jelaskan di atas.

Nah itu saja, kalau ada yang mau coba silahkan. Sandainya berhasil, sekiranya mau kembali ke blog ini dan cerita sedikit pengalamannya :), kalau mau bertanya juga bisa, siapa tahu ada yang salah dengan penjelasan saya diatas, oke semoga membantu. 

Catatan:
Postingan ini beberapa kali mengalami perubahan guna penyempurnaan.
jangan lupa di like ya...^_^!



Apa kamu suka artikel ini..?

Dapatkan Email Harian!

Follow us!

Artikel Terkait Lainnya :



77 komentar:

  1. udah bisa ngiucapin kata mandra mandri mandru mandre mandro trus ap slanjutx gan?

    BalasHapus
  2. kan ada panduannya diatas gan, ucapkan terus berulang kali,klo menurut pengalaman, 2-3 hari baru sedikit bisa ngucapin R tunggal, itupun belum lancar, yang jelas, sering-sering aja, sukses gan.

    BalasHapus
  3. eh mau tanya nih gan aku juga lagi latihan ni, tapi kok kata teman ku R nya kaya masih ada huruf E nya jadi misalnya kata lIAR jadi LIAER gitu gan, masalahnya apa ya gan, kalo bisa sekalian solusinya ya gan Thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo baru belajar mungkin memng kaya gitu, mesti ada pancingan dulu, ntar klo udah jalan 2-3 hari bru ada sedikit peningkatan, klo bisa jngan langung coba nyebut huruf R, ini penglaman aja, klo dulu usaha mati-matian nybutnya nggak bisa-bisa, tpi pas lkukan seprti cara diatas, baru bisa. yah mudahan bisa membantu

      Hapus
    2. gan ane mao nanya nih ,
      ane masih bingung pas cara ngucapin detreee nye , ane masih belom paham disitunye doang , mohon penjelasannye lebih lanjut gan ,.
      syukron ..

      Hapus
  4. udah bisa gan ngucapin R tp msh terlalu bergetar kta teman gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang gitu gan, waktu pertama terasa bergetar sekali.. yakinkan saja, karena saya ngalami seperti itu juga, kurang lebih 1 mingguan. klo sudah bisa bergetar. berarti tunggu aja, lambat laun nyebut R pasti jadi lancar.. memang ngucapin beda kaya kebanyakan orang, tapi itu awalnya nanti juga berubah sendiri.

      Hapus
  5. brarti cara yg agen kasih cuma bisa ngucapin kta R bila didepanx ada huruf D ato T ya gan!
    Soalx cuma itu yg lancar diucapinx

    BalasHapus
    Balasan
    1. oo, tidak itu cuma awalnya memang harus begitu.. nanti klo keseringan latihan pasti lancar. yang penting latih trus getaran lidah..

      Hapus
  6. thanks bgt gan ane berhasil ...

    makasih bnyk gan ... ^_^
    mudah"an agan mendapat pahala dri menjelaskan cara di atas ini,
    karna sudah membantu org ...
    hehe ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnn ^_^. thanks gan kunjungannya..

      Hapus
  7. thanks bgt gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan ^_^, selamat berjuang..

      Hapus
  8. gan,latihan y brapa jam /hari y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo berapa jam perhari sudah lupa gan cma karena waktu itu baru bisa nyebut "drennn", nyebut r nya blum bisa, latihan agak sering klo lidah trasa kering ya dihentikan lagi, trus sebentar-bentar dilanjutin lagi, klo nyebut drennn udah bisa, kasih panjang aja. dre.......n kurang lebih gitu gan, jadi bukan nyebut "drenn" berulang, tapi dipanjangkan, sebenarnya hari ke-2 ato ke-3 udah bisa nyebut er, cuma er nya hilng-hilang.., bisa karena biasa..oke gan

      Hapus
  9. gan,umur aq udah 21 tahun,masih bisa gk gan?trus cadel y parah lagi,udah 3 hari sih latihan gan,cman blum ada perubahan,tapi aq gk patah semngat gan.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo agan yakin, umur bukan jadi patokan, klo bisa dibilang sih ini cuma faktor kebiasaan.., ane tetap kasih semangat sama agan..ini lagi buat sedikit masukan, coba agan bisa tidak klo getarkan bibir "bremmm", klo bisa.. begitu konsepnya klo ngucapin R, getarannya karena ditiup, tetap seperti cara diatas, kaya orang memercikan ludah pake lidah tapi ditahan sama gigi. klo agan merasa ada getaran tapi tidak lama, coba ucapkan dehh, dehh,denn, drezth. ada dikit percikannya klo tangan didepan sekitar 4 jari. oke gan

      Hapus
  10. Untuk anak 4 tahun begini jg caranya? Gimana cara ngajarinnya? Anak saya bulan ini menginjak usia 4 tahun, tp blm bisa mengucapkan huruf R (pdhl dia cerewet bgt bahkan bisa mengarang dongeng), dan kami ortunya gak cadel, jg gak pernah ngomong dicadel2in. Mohon bantuannya. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kecil mungkin banyak yang nggak bisa, kali aja nanti klo udah SD bisa dengan sendirinya.

      Hapus
  11. Dicoba gan, aku udah 20 masih belum bisa ngucapin R XD

    BalasHapus
  12. Kurang ngerti nih (╥﹏╥)
    Ada contoh audio / video nya gak? ╯.╰

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry gan. nanti klo sempat saya update audionya juga. ^_^ just audio ..

      Hapus
  13. R nya agak beda dengan orang lain ya gan..??


    ada cth video nya ga..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak beda gan, sama kok sama yang lain.., klo pertama memang iya, nanti berubah sendiri. klo untuk video kyaknya nggak ada gan.. sorry ya..^_^

      Hapus
    2. bisa minta no hp nya gan, sulit nih.. :D

      Hapus
  14. gan, udah bisa bilang bismillahirrahmanirrahim dengan benar..??
    agan dulu berapa lama ya baru bisa bilang r ??

    BalasHapus
  15. OMG semua bisa tpi ucapin bremmm itu loh susah ga mau getar lidah gw. pencerahan dunk gan?

    BalasHapus
  16. upload audionya dong, plizz

    BalasHapus
  17. bisa minta no hape.y gan buat belajar huruf R. . please gan

    BalasHapus
  18. ga ngerti langkah yg no 2, COBA MULAI UCAPKAN itu maksudnya apa ea?¿

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya klo ngucapin R itu, kurang lebih lidah bergetar seperti klo melakukan langkah satu, ujung lidah ditiup..

      Hapus
  19. saya uniknya cadel tapi hanya sedikit orang yg menyadari bahwa saya cadel. Cara saya mengucapkan 'R' dgn cadel adalah dgn menggunakan bibir bagian bawah dijepit oleh gigi seri bagian atas lalu bibir bagian bawah didorong ke depan sehingga kalau orang memperhatikan mulut saya lama-kelamaan orang tersebut sadar bahwa saya cadel. Rupanya cara ini pernah saya lihat juga di salah satu komentator sepak bola Liga Italia ltapi upa saya namanya :D

    anyway, thank you, gan setelah mengikuti tutorial ini akhirnya gwa bisa mengucapkan huruf 'R' ... tapi saya masih belum pede ngobrol pakai teknik tsb soalnya kadang bergetar R nya berhasil kadang gagal hanya terbesit lidahnya saja ... pelan-pelan harus saya coba mau ga mau hehehe ...

    BalasHapus
  20. mau tanya nih gan,,,.
    Umur saya sdh 16 tahun apa masih bisa ya,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. msih bisa kok gan..., bisa karena biasa, jadi bukan umur yang menentukan..

      Hapus
  21. sip,,,,, tetep smangat,,,,

    Kalo boleh tau agan baru bisa nyebut kata rrrr umur berapa ya,,,??? n_n

    BalasHapus
  22. Alhamdulillahhhhh ><
    akhrnya skrg sy bs bilang hurup 'R' !!
    Makasiiiiihhhh bnyak buat mas yg buat postongan ini..BERMANFAAT BGT!!
    sy bru buka blog ini kmrn sore, dan skrg, pg" shubuh ini sy udh bs blg huruf R!
    Walaupun dlm bbrp kata blm lncr :)
    tp itu aja udah buat senennggg bgt ><
    saking trharux ampe mw nngs -.-
    sekali lagi MAKASIIIIHHH BANYAAKKK :) semoga alloh membalas kebaikan anda..amiin

    BalasHapus
  23. gan tolong banget bantu dengan videonya ia ?please..... saya udah umur 17 tahun dan saya belum bisa bilang huruf r. setiap hari selalu saya dihina dan diejek sama teman2 saya. mohon bantuannya gan...
    mkci.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. maunya gitu gan.. cma belum sempat.., udah lama blognya nggak update.., sorry ya..

      Hapus
  24. Kalo cadel huruf L gimana gan?
    Mungkin agan tahu solusinya hehehe

    Ane 18 tahun ga bisa nyebutin huruf L dan R

    BalasHapus
  25. Gan saya udah bisa ngucap brem dengan bibir, tapi saya masih ga paham sama cara selanjutnya. Mohon dibimbing tahap selanjutnya? Maksud mengucap DE TE itu gimana ya?

    Saya malu gan kalo setiap ada presentasi, dan saya pun selalu ga masuk kelas kalo lg ada presentasi, apa lg kalo ada seminar. Padahal setiap habis sholat selalu baca doa kelancaran bicara, namun blm bisa bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dl sy nggak bisa ucapin huruf R, kemudian sy ketemu video di youtube dan akhirnya bisa. Ini linknya http://www.youtube.com/watch?v=P9mMvuRGKY8 dan http://www.youtube.com/watch?v=Y101os7Lr-A.. Semoga membantu.

      Hapus
  26. Gan, kenapa waktu ngucapin dren gigi ane selalu bergesekan/berhentakan ya? Jdi sulit untuk getarin lidahnya

    BalasHapus
  27. Dl sy nggak bisa ucapin huruf R, kemudian sy ketemu video di youtube dan akhirnya bisa. Ini linknya http://www.youtube.com/watch?v=P9mMvuRGKY8 dan http://www.youtube.com/watch?v=Y101os7Lr-A.. Semoga membantu.

    BalasHapus
  28. kira kira butuh waktu lama gan buat lancar banget

    BalasHapus
  29. gan, klo saya nyebut huruf R nya dengan anak lidah, gmna tuh?, orang biasa kan yang bergetar lidahnya tpi klo saya yang bergetar anak lidahnya, trus cara yang di atas tu, klo saya ngomong apa gk ush gunain huruf R yang biasa saya lakukan?

    BalasHapus
  30. gan breem na udah bisa tp lidahnya sulit bergetar, gimana gan??

    BalasHapus
  31. tolong donk bantuannya yang sudah berhasil dengan cara ini, minta nomor telponnya..

    butuh pemandu,
    lidahnya susah bergetar..

    BalasHapus
  32. gan gimana sih caranya ngebedain antara getaran lidah and getarn bibir ,,, ane suka ngerasa pas bilang BREM bukan lidah ane yang bergetar tapi malah bibir ane gan ..
    gimatuh gan ????
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  33. Yang butuh pemandu,.. Hub no. Nie,. Maz igit 082323624022,
    Dulu saya juga cadel,.. Setelah mengikuti pelatihan selama 1 minggu,. Cadel saya bisa sembuh,.. Hehehe,.. SenangN hatiQ,..

    BalasHapus
  34. mungkin lebih baik dibuatkan juga video nya

    BalasHapus
  35. Ane kiLa cuma ane d0ank eang cadeL..

    TeLnyata banyak ya di dumay uga.. MaLah jadi topik pembahasan. :D

    BalasHapus
  36. Gan , Latihan nya gimana sich . . .
    .aq masih gak ngerti masa agen bilang di situ , gak di ucapin tp ditiup , gimana sich caranya ...?
    .gak bisa2 nhi gan , susah kali ditiup nya ...
    ...di ucapin salah jdi gmna !!!

    BalasHapus
  37. ane bisa bantu gan kebetulan ane lgi dalam masa latihan Nyebut R sudah 4 hari latihan terus sudah ada perkembangannya.. yg mau nanya2 email ane aja :aldinofernaldi@gmail.com .
    cadel ane masuk ke nyebut R lewat tenggorakan.

    BalasHapus
  38. Gan ada yg di bekasi ga, ane sah 28th masih cadel :-)

    BalasHapus
  39. bisa gk, latihan nya cuma sehari?? soal nya besok d suruh nyanyi k depan d skolah.. aq kan malu sma teman2 :(((((

    BalasHapus
  40. susah pas ngucapin deeetreeee itu gmna ya....
    tolong bantu gan....

    BalasHapus
  41. bro kenapa ya saat aku ngomong "R" di ujung Kalimat jadi Are

    BalasHapus
  42. kenapa klo aku mau ngucakpan r gigi bagian atasku nyentuh bibir bagian baawah

    BalasHapus
  43. Gan.. Ane udah bisa.. bergetar Ujung lidahnya ,, Tapi gx Bisa nyebut Huruf "R" hanya Bisa Deeeeeerrrrrr..... Padahal Ane kelas 3 SMP (14 Tahun) :(

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. gan ane kalo nyebutin breem gigi atas menyentuh ke bawah gan. solusinya gmn gan ?

    BalasHapus
  46. gan, klo terapi, terapi apa nama nya?

    BalasHapus
  47. Masih g ngerti yg bagian 2 dan 3

    BalasHapus
  48. Gan bisa kasi audio suara dongg, soalny susah bgt klo latian sendiri. Pleaseee

    BalasHapus
  49. akhirnya saya bisa mengucap huruf R.
    thanks gan :)

    BalasHapus
  50. ada yang bs bantu? kalo ada tolong hubungi 089608951901 gabisa sdh umur 15 tahun :'9

    BalasHapus
  51. tolong yeeeee sms 089608951901

    BalasHapus
  52. Gan mhon foto ataw video nya, spya tdk slah pnybutan atw grakan a.
    Udah bnyk yg komen gan mhon di bls utk skedar mnghargai kami yg sring brknjung ke blog agan.
    Makasih sebelum nya :)

    BalasHapus
  53. Gan ane mau nanya nih... lidah ane pendek,trus jadi nyusahin bilang R... dan setiap kali bilang R,pipi kiri ane trus bergetar kalo bilang R.... jadi susah

    BalasHapus
  54. adh di katain mulu sama temen padah cadel








    BalasHapus
  55. ada yang udah lancar pake cara diatas gk? tolong ajarin ane dong :'( klo bisa ngajarin ane ampe lancar ane kasih bonus 20k pulsa :'( udah mau 15, msih blum bisa :'( suka diketawain ane klo naik angkutan umum trus bilang "kiri!!!" :'( *curhat dikit

    BalasHapus

DON'T FORGET TO LEAVE A COMMENT OK...!!! >_^

Incoming Search: , Cara Mengucapkan Huruf R (Cadel bagian 2)