Jumat, 15 Juni 2012

Cara Mengetahui Apakah situs Ini Penipuan (Scam) atau Bukan

Jujur saya masih nubie dalam masalah ini, namun tidak ada salahnya kalau saya ikut berbagi sedikitnya ilmu hasil petualangan saya beberapa bulan terakhir, baik itu hasil blogwalking dan googling dan sedikit membangun logika-logika kecil. Jadi jika memang ada yang dianggap salah sobat bisa memberikan sedikit masukan yang sifatnya membangun. Pisss.

Bagi sobat yang ingin bergabung di situs yang menawarkan bisnis online tentu butuh beberapa pertimbangan, dimana sobat harus yakin dulu apakah bisnis yang ditawarkan di situs ini akan menghasilkan atau tidak. Kalau mendaftar gratis sih mungkin tidak jadi masalah, tetapi kalau sudah ada istilah upgrade member biasa ke premium atau mengharuskan transfer uang, tentu ini mesti jadi pertimbangan mutlak sebab sobat tentu tidak ingin uangnya hilang percuma tanpa ada hasil yang jelas.walaupun gratis tentu ini mesti dipertimbangkan juga karena sobat pasti tidak ingin nantinya kecewa karena waktu sobat banyak terbuang percuma apalagi kalau sebelumnya sobat sudah giat mempromosikan link refferal yang ternyata situsnya tidak bisa dipercaya.

Nah kembali lagi ketopik, bagaimana mengetahui apakah situs ini menipu atau tidak ?, langkah apa yang mesti sobat lakukan?. Ini ada sedikit tips yang mungkin bisa dijadikan bahan masukan.
  1. Sobat bisa mencari keterangan tentang situs ini, misalnya sobat ingin mengetahui apakah situs tersebut scam? sebut saja situsnya http://situstipu.com. Pertama sobat bisa melakukan searching dengan menggunakan keyword, contoh “situstipu scam”, "ternyata situstipu scam", “ternyata situstipu penipuan”, atau cari postingan yang cenderung mendeskriditkan situs tersebut, karena biasanya si pemilik blog atau situs tersebut mempunyai alasan yang kuat, bisa saja memang si pemilik blog dulunya kecewa karena pernah menjadi salah satu korbannya. Kadang ketika sobat menemukan postingan ini biasanya ada banyak komentar yang pro dan kontra, jadi semua bisa jadi bahan acuan.
  2. Jika hasil pencarian tidak relevan dengan kata kunci yang dimasukkan, misalnya kata kunci “situstipu ternyata scam” lalu ternyata hasil pencarian seperti “situstipu scam ?”, “payout pertama situstipu”, “payout kelima situstipu” atau hasil pencarian yang lebih cendrung pernyataan positif biasanya bisnis dari situs ini bisa dipercaya.
  3. Apabila sobat menemukan artikel yang mengatakan bukan scam, cek dulu artikel dipostingnya tahun berapa, apakah artikel lama atau atau artikel baru karena bisa saja memang dulunya bukan scam tapi sekarang scam. misalnya bisnis online PTC (paid to click), tidak sedikit si pemiliki bisnis semacam ini membayar awalnya saja sebagai pancingan dan kabur jika sudah banyak yang menguprade keanggotaannya. Jadi pastikan apakah situs tersebut masih exist dan masih membayar sampai sekarang.
  4. Cek dan pastikan bisnis yang ditawarkan itu logis atau tidak, jangan terlalu percaya situs yang menarwarkan bisnis dengan penghasilan yang gila-gilaan, karena pada umumnya bisnis ini cenderung  kearah bisnis money game, arisan berantai atau bisnis yang menerapkan skema piramida ponzi, yaitu selalu menguntungkan member yang paling atas, kurang lebih seperti bisnis  MLM, tapi kalau di MLM masih ada produk yang jelas, tidak seperti bisnis ini. Bisnis ini memang bisa menghasilkan, mengapa ?, karena uang yang sobat dapat merupakan uang dari hasil pendaftaran member baru yang ada di bawah sobat (refferal/downline), semakin banyak refferal-referal baru yang dihasilkan, semakin banyak pula orang yang dikorbankan dan tentu hal ini pulalah yang juga sebelumnya dilakukan oleh orang di atas sobat (upline). jadi saya sependapat kata yang bisa mewakili bisnis semacam ini "tipulah orang lain seperti saya menipu anda"..
  5. Bertanya di forum-forum juga penting misalnya kaskus, google answer atau yang lain karena biasanya sobat akan dapat jawaban tanpa harus menunggu lama. Yang penting disini sobat bertanya disertai rician yang jelas karena kalau bertanya asal-asalan tentu juga jawabannya kebanyakan asal-asalan pula.
  6. Jika masih belum yakin sobat bisa cek daftar-daftar situs yang diblacklist atau masuk dalam daftar situs scam kalau untuk masalah ini mungkin bisa sobat cari di goggle, banyak kok yang membahas tentang ini.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya tulis semoga apa yang saya tulis ini bisa jadi bahan pertimbangan dan sedikit masukan, good luck.

SHARE
Apa kamu suka artikel ini..?

Dapatkan Email Harian!

Follow us!

Artikel Terkait Lainnya :



0 komentar:

Posting Komentar

DON'T FORGET TO LEAVE A COMMENT OK...!!! >_^